Mencari Celah Baru

MENGEMBANGKAN EKONOMI PEDESAAN

Prakata

Meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di pedesaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Mengerti adalah kata yang sangat dibutuhkan dalam setiap kepemimpinan dalam pemerintahan, sedang untuk sampai kepada masyarakat awam dengan baik suatu kebijaksanaan yang akan diterapkan harus melalui beberapa tahapan :

  1. Pendekatan, langkah pertama yang bagus untuk dapat masuk dan diterima disatu komunitas tertentu adalah dengan pendekatan setelah kita dapat diterima selanjutnya ;
  2. Pengamatan, pengamatan ini berfungsi untuk mengetahui baik itu lingkungan, sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) , kultur dan budaya penduduk setempat.
  3. Penelitian, setelah cukup terkumpul data dari pengamatan kita melakukan penelitian mengenai potensi yang dapat dikembangkan.
  4. Pembuatan Rencana Program Kerja, setelah mengetahui potensi yang dapat dikembangkan barulah melakukan pembuatan rencana program kerja. Tentu saja satu daerah berbeda dengan daerah lainya disesuaikan dengan kondisinya.
  5. Percobaan, sebelum mengimplementasikan program kerja sebiknya dilakukan beberapa kali percobaan program kerja dalam sekala kecil.
  6. Sosialisai, setelah percobaan berhasil dan layak utuk dilajutkan selanjutnya melakukan sosialisai program kerja kepada penduduk untuk dapat di tindak lanjuti.
  7. Penyuluhan, setelah program kerja diterima mansyarakat dan ditindak lanjuti masyarakat harus didampingi tenaga penyuluh untuk memaksimalkan hasil yang ingin dicapai.
  8. Evaluasi hasil kerja.

Beberapa langkah diatas merupakan generalisai dari pendekatan sampai evaluasi hasil kerja, mengenai implementasinya harus benar-benar memperhatikan kondisi tiap-tiap daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s