Desa Tambaknegara

Baledesa-Tambaknegara

Baledesa-Tambaknegara

Kepala desa       : Slamet Agus…

Sekdes / Carik : Warsito

Pak Uang : Sugeng

Kayim                : Tiap-tiap grumbul mempunayi jabatan ini

Kadus                 : idem

Letak Geografis

Peta Menuju Tambaknegara

Peta Menuju Tambaknegara

Desa Tambaknegara secara administratip wilayah terletak di kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah. Desa ini terletak paling timur dari kecamatan Rawalo terletak dijalan lintas tengah antara Kota Purwokerto dan Cilacap. Desa ini berbatasan antara lain sebelah selatan dengan Desa Losari kecamatan Kebasen dipisahkan oleh aliran sungai serayu, sebelah timur dengan Desa Notog Kecamatan Patikraja di sebelah barat dengan Desa Rawalo, Pesawahan, Dan Sidamulih sebelah utara dengan Pegunungan Milik Perum Perhutani.

Secara demografis desa Tambaknegara di Terdiri dari tujuh RW dan delapan grubul antara lain

Peta Tambaknegara

Peta Tambaknegara

Gambar 2 di atas Di Crop dari http://www.id.tixik.com/tambaknegara-359847.htm

Berdasarkan nomor pada gambar diatas sebagi berikut

1. Grumbul : Kalitanjung RW I

RW 1 + RW 2

2. Grumbul : Kalitanjung RW II

3. Grumbul : Bonjok Kulon RW III

4. Grumbul : Polsus/Perhutani RW IV

4. Grumbul : Bonjok Wetan RW IV

5. Grumbul : Tunggak Puta RW

6. Grumbul : Karang Dadap RW

7. Grumbul : Kali Wangi RW

8. Grumbul : Wadas Tumpang RW

Meski satu desa tetapi tiap grumbul mempunyai kekhasan masing-masing yang berbeda-beda antara satu grumbul-dengan grumbul lainya.

Penduduk Desa

Warga yang tinggal didesa ini pada umumnya masih memiliki hubungan kerabat antara satu penduduk dengan penduduk lainnya, apalagi bila kita melihat lebih sempit dalam satu RT misalnya bisa saja mereka masih satu turunan, terasa sekali rasa kekeluargaan di sini, halinilah yang menyebabkan daerah ini sangat tentram dan damai meski ada bermacam penganut agama dan sosial yang berbeda.

Bila kita berkunjung ke desa Tambaknegara ini pada hari biasa, nampak terlihat agak sepi, kalau kita bisa menelisik lebih jauh dapat kita lihat sebagian besar penduduknya diatas umur 50 tahunan, ibu muda , anak usia sekolah dan balita, sedikit kita jumpai warga dengan usia produktif, kalaupun ada itu merupakan perangkat desa, PNS, atau orang yang benar-benar ulet dan sebagian besar lainya adalah orang usia produktif yang kurang berpendidikan dan atau tidak mempunyai ketrampilan tertentu hingga tidak mampu bersaing diluar. Kemana yang lainya ? kebanyakan karena alasan ekonomi penduduk pada usia produktif pergi merantau kekota-kota besar dipenjuru tanah air. Jumlah penduduk sebenarnya dapat kita lihat dan rasakan ketika libur-hari raya lebaran.

Mata Pencaharian Warga

  1. Petani
  2. Buruh
  3. Pegawai Negri Sipil
  4. TNI/Polri
  5. Pedagang

Sumber Penghasilan Warga Setemapat

1. Persawahan

Sawah-sawah terbentang dari Bonjok Kulon ke arah Kalitanjung hingga Karang Dadap, semuanya merupakan sawah tadah hujan, sebenarnya ada irigsi dari pegunungan di kalitanjung tetapi semenjak lurah Kirwan tidak difungsikan dan tidak terurus hingga sekarang, ditambah perubahan tanaman pegunungannya dari tanaman jati menjadi pinus jadilah air yang mengalir menyusut dikala musim kemarau. Mungkin jika ada penyuluh pertanian akan membantu meningkatkan penghasilan dari sektor ini.

2. Ladang/Kebun

Makan siang di kebon (Platar-Bonjok Wetan)

Makan siang di kebon (Platar-Bonjok Wetan)

Ladang atau kebun juga terbentang cukup luas di utara kalitanjung sampai utara tnggak puta. Sedang diwilayah Bonjok Wetan yang tadinya luas kini menyusut tinggal Platar dan sebagian kecil di selatan Bonjok Wetan itu pun kini berurang karena digunakan untuk perumahan warga. Sedang di tiumr Bonjok yang dulu dikenal dengan Tambangan kini sudah beralih fungsi menjadi Bendungan gerak serayu. Sebagian kecil lagi terletak di Kali Wangi dan Wadas Tumpang. Sayangnya pengelolaan tanahnya masih sangat tradisional belum tersentuh teknologi pertanian moderen sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal untuk penduduk yang memilikinya.

3. Peternakan

Perumahan di tambaknegara memang mulai padat tapi tidak sepadat Jakarta atapun kota-kota besar lainya, sehingga rata-rata tiap rumah masih mempunyai sisa tanah kosong yang digunakan sebagai kandang ternak, ternak yang banyak dilakukan oleh warga setempat antara lain : unggas, kambing, sapi dan sedikit kelinci. Kurangnya pengetahuan tentang petrnakan juga menyebabkan hasil yang diperoleh kurang maksimal. Coba kalau ada penyluh, em……… mungkin …tambah maju kali ya.

Ramban. Ibu rumah tangga ramban untuk ternak peliharaan mereka

Ramban. Ibu rumah tangga ramban untuk ternak peliharaan mereka

4. Perikanan

Mungkin masih jarang yang tahu kalau di Tambaknegra ada sentra perikanan, walaupun masih relative kecil tapi lumyan untuk tambahan penghasilan, sentra perikanan ini terletak didaerah Kali Bacin di sini airnya mengalir sepanjang tahun yaitu hasil pembuangan dari pemandian Kalibacin.

Empang Untuk Prikanan

Empang Untuk Prikanan

5. Pertambangan

Tambang yang dimakusud bukan Emas atau minyak melainkan batu kali dan pasir, disepanjang aliran Sungai Serayu yang melitas wilayah Tambaknegara banyak terdapat batu-batu ukuran sedang yang akan diolah menjadi Split ( ituloh batu belah yang suka dibikin beton atau cor) di sana sekarang ada Empat buah penggilingan batu split semuanya terletak di Bonjok Wetan, meski saat ini opersai penggilingan bisa menambah income/ penghasilan warga, sayangnya pengambilan batu ini kurang memperhatikan lingkungan, sungai menjadi dalam dan menghawatirkan terjadinya longsor pada tanah disamping kiri dan kanan Sungai Serayu di sana.

Satu dari empat gilingan batu yang ada di Bonjok Wetan

Satu dari empat gilingan batu yang ada di Bonjok Wetan

6. Home Industri

Tambaknegara memnag cukup komplit, disini apa aja ada buah-buahan, palawija lengkap, nah kalau jaman dulu hasil dari perkebunan di sini selalu langsung dijual keluar tetapi saat ini selain langsung dijual ada sebagian yang diolah lagi menjadi makanan ringan seperti Pisang, Singkong, Tales, Ubi jalar, Soun,dan kedelai dibuat berbagi mejadi jajanan seperti Seperti pisang selain untuk buah pisang juga dibuat untuk keripik pisang, saleh dan molen, begitu pula singkong selain dijual dalam bentuk singkong diolah pula menjadi Tape, keripik singkong, gethuk dan kerupuk singkong ( karag), sebenarnya masih banyak potensi lainya yang juga bisa dikembangkan seperti dibidang pengolahan kayu Selainmeningkatkan income juga lumayan menyerap tenaga kerja. Ini akan semakin berkembang bila ada yang membantu memasarkanya tapi siapa ya ????.

7. Pariwsata

Anda tahu Kalibacin ? Bendung Gerak Serayu ? Gunung yang Cantik ? ya..ya..ya.. Sebenarnya kalau promosi dan pengelolaannya baik tentu juga akan berdampak pada ekonomi warga setempat, sayangnya pengelolaan dan promosinya cuman ala kadarnya jadi ya gitu deh… . ini aku sedikit bantu promosiin ya… padahal kalau mau digali lebih dalam masih banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Depan hotel Tunas Alam-Kalibacin

Depan hotel Tunas Alam-Kalibacin

8. Buruh

Kalau mau menotal penduduk tambaknegara secara keseluruhan sebenarnya sangat banyak, tetapi hampir setengah penduduknya merantau ke kota-kota besar menjadi buruh di pabrik-pabrik, bangunan, sampai PRT, sebagian besar berada di JABOTABEK, sebagian kecil lainya tersebar diseluruh plosok tanah air dan mancanegara. mereka jua-lah yang menggerakan ekonomi desa, karena sebagian besar sisa penghasilan mereka akan dikirim ke keluarga mereka di desa. Mereka dapat kita jumpai dalam jumlah yang besar didesa terutama ketika libu Idul Fitri.

Agama dan kepercayaan

Walau desa Tambaknegara tidak terlau besar tetapi beragam kepercayaan dan aliran ada di desa ini, sebagian besar dapat dikelompukan menjadi beberapa bagian antaralain :

Islam, katolik, dan kejawen atau kepercayaan. Sepintas lalu memang sulit membedakan mana yang Islam mana yang Katolik dan mana yang kejawen, dalam kehidupan sehari-hari mereka semuanya berbaur menjadi satu kecuali pada saat ibadah keagamaan.

Islam

Masjid Kramat & TPQ Nurul karomah

Masjid Kramat & TPQ Nurul karomah

Masjid Kramat

Masjid Kramat

Sebagian besar kepercayaan warga bila kita lihat KTPnya tentu adalah Islam, di sini mayoristas kalangan Nahdiyin dan sebagian kecil Muhammadiah, aliran Muhamadiah disini berkembang hanya di kalitanjung, mereka memiliki 2 dua pusat tempat ibadah yang pertama Mushola Wakafiah disini digunakan untuk ibadah sholat Jum’at seluruh penganut aliran Muhammadiah di kalitanjung, yang kedua Muhsla Ar-Rahim disini hanya untuk ibadah harian tidak digunakan untuk ibadah sholat Jum’at. Selain itu Masjid yang ada bisa dikata di kelola oleh kamu Nahdiyin. Rasa toleransi dan kekeluargaan yang tinggi menyebabkan mereka dapat berdampingan dengan baik sekali.

Katolik

Umat katolik di Tambaknegara bisa dikata merupakan kepercayaan minoritas jumlahnya sangat sedikit, Ibadah umat Katolik ini dipusatkan di Greja Santo Yusuf Yang terletak dijalan raya Tambaknegara, di grumbul Bonjok Wetan. Disini jumlah penganut katolik tidak berkembang bahkan cenderung menurun dari tahun-ketahun, ini dikarenakan anak-anak mereka kebanyakan beralih agama ketika dewasa, maka dapat kita lihat penduduk setempat yang menganut Katolik yang ada kebanyakan telah berusia lanjut, kalau ada yang muda kebanyakan pendatang atau penduduk setempat yang menikah dengan orang katolik di perantauan.

Kejawen/Kepercayaan

Pusat kegiatan kejawen ini ada di suatu tempat yang disebut Balemalang terletak di grumbul Kalitanjung RW II, Kegiatan ritualnya memang tertutup hanya untuk kalangan mereka sendiri jadi informasi yang didiapat sangat minim.

Fasilitas Umum yang tersedia di desa ini antara lain :

I. Sekolah

Tingkat Taman Kanak-kanak (TK)

TK Pertiwi : Kalitanjung

TK Asiah : Kalitanjung

TK Diponegoro : Bonjok Kulon

TK Tunas Rimba : Kaliwangi

Tingkat Sekolah Dasar (SD)

SD Tambaknegara I : Kalaitanjung

SD Tambaknegara II : Bonjok ( sudah ditutup)

SD Tambaknegara III : Kaliwangi

SD Tambaknegara IV : Bonjok

SD Tambaknegara V : Kalitanjung

Madrasah Ibtidahiyah(MI) : Tunggak Puta

Tingkat SMP

SMP Diponegoro 8 : Bonjok

Tingkat Lanjutan

SMK Diponegoro 2 : Bonjok

2. Tempat Ibadah

Masjid

Masjid Kramat : Bonjok Wetan

Mushola Nurul Huda : Bonjok Wetan

Masjid Al Barokah : Kalitanjung (RW I)

Mushola Wakafiah : Kalitanjung (RW I)

Mushola Galur : Kalitanjung (RW I)

Mushola Ar Rokhim : Kalitanjung (RW II)

Masjid Kalibacin : Kalibacin ( RW II)

Masjid Kalitanjung : Kalitanjung lor (RW II)

Masjid Kaliwangi : Kaliwangi

Masjid Karang Dadap : Karang Dadap

Masjid Tunggak Puta : Tunggak Puta.

Greja

Greja Santo Yusup : Bonjok Wetan

Lain-lain ( Kepercayaan)

Bale Malang : Kalitanjung

3. Lapangan

Lapangan Sepak Bola : Bonjok

Lapangan MotorCrros : Bendungan Gerak Serayu

Lapangan Bola Volly : Pol Hut

4. Pemandian Umum

Salah satu Pemandian Yang Mengandung Belerang Di kalibacin

Salah satu Pemandian Yang Mengandung Belerang Di kalibacin

Pemandian Kali Bacin : Kalibacin

Sumur Pemugaran : Kalitanjung

Kalibacin : Kalitanjung Lor

Saran & Kritik untuk Perangkat Desa dan warga pada umumnya :

Hal-hal yang perlu dibenahi :

Irigasi,

Jalan desa dan Gang-gang desa,

Penyluhan Pertanian,

Sarana Olahraga, dan

Ketertiban dan Keamanan.

Hal-hal yang perlu ditambahkan atau di buat :

Perpustakaan,

MCK Umum,

Perencanaan Pembangunan, dan

Transparasi Keuangan dan proyek Desa.

oleh :arto

Terahir sunting 17 Maret 2009

Silahkan komentar

24 Balasan ke Desa Tambaknegara

  1. taopan berkata:

    saya cinta prtanian saya pengen dsikasi nehnik prikanan makasi

  2. Lukman berkata:

    Mas,apik koh blog’e…
    aq wong kali tanjung…

  3. cahyo aji berkata:

    pak…dongane wadastumpang disoting dadi enyong seneng…………………………………………………………………………

  4. Tofik Hidaya berkata:

    blog yg sangat bagus,,,sumbang sarannya Mas Arto..di tempat kita kesenian sepertinya jg cukup menonjol, semoga bisa di angkat dan dipublikasikan dlm blog ini, sebagai salah satu cara melestarikan seni budaya kita….sukses selalu Mas Arto

  5. ITONG CELL berkata:

    Bagus,ada blog yg bsa memperkenalkan Tambaknegara. Aku bukan asli desa sini ci,ikut suami…tpi oke2….
    Salam kenal dari Itong cell ya… depan Sabdogati persis,Bonjok Wetan..

  6. rudin berkata:

    aku sebage wong tunggak puta seneng..terus di panto dan di kembangkan mas arto ben desane maju.

  7. sartamlia berkata:

    di tambah terus mas artikel lan infonya tentang desa Tambaknegara lan sekitarnya ben pada lewih ngerti sedulur – sedulur kabeh

  8. awan hersa berkata:

    cara bikin blog priwe carane..??? by tunggakputa

  9. Iskhakboa berkata:

    Mksh infnya mas ,tlng q cari tmq ,msriati kr ddp ,dlu d cemput jkt ,dn mase ,barok,dlu d tgl alur x drs ,,ank bcari pbg

  10. Iskhakboa berkata:

    Leghten bro,,q ktmu musriati th 1994 ,tlng y mas info msriati ,,dia klhiran th 1975an ,kl ktmu q mnta no pnselnya,ksh ms

  11. erni widiastuti berkata:

    nuwun ya mas….
    dadi kangen maring tambak negara maning….
    gemiyen sering banget dolan maring kali tanjung….bapak pindah dinas, dadi ya melu pindah….

  12. sugiatno berkata:

    Aku melu seneng ana info desa tmbk negara. Aku ya turunan tunggak puta. Wong tuaku nang rawalo segitiga barat. Tambah maning bangsane lengger kesenian liyane d tongolna men laris. Sekang, giat.

  13. Ping balik: Fasilitas Umum yang tersedia di desa Tambak Negara | Desatambaknegara

  14. Bambang Sutoyo berkata:

    kang wis apik blogke,,kiye saran bae atau sekedar masukan….foto yang diambil google terlalu duwur,, indahnya aliran sungai serayu di karang londong dengan pemandangan jembatan kereta api yang terpanjang di Indonesia,,wisata kuliner RM Merkusi dan juga bendungan gerak serayu…..kok gak ada gambarnya. juga gambar industri rumah tangga seperti karag, kalitanjung, sriping, kripik bonjok dan juga mendoan.Ralat juga Mesjid Kaliwangi jenengi Miftahul Huda dan musholane Nurul Huda dan Asyifa….Coba nek ana jan kena nggo tamba kangenku, sing anu adoh nang Sumbawa NTB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s