Asal-usul Rawalo Kini ?

RAWALO : RAWA YANG(akan) HILANG ?

Konon Rawalo berasal dari kata Rawa dan pohon Lo, pohon lo yang konon berada di pinggir rawa kini telah tiada, beberapa tahun ini kondisi rawa yang di maksud sepertinya akan menyusul pohon Lo yang telah tiada puluhan tahun lalu.

Ekonomi dan kebutuhan lahan perumahan yang semakin sempit menjadi penyebab awal hilangya rawa tersebut. Tahun demi tahun penyempitan rawa semakin parah, pada awalnya pinggir rawa di jadikan areal kolam ikan dan persawahan, kini semakin meningkatnya kebutuhan lahan untuk tinggal dan bisnis semakin menggerus luas rawa tersebut.

Saya sendiri merupakan pendatang di desa Rawalo yang tidak mengetahui soal kepemilikan rawa tersebut apakah milik perseorangan atau milik desa.  Yang saya tahu kini rawa yang duapuluh tahun lalu masih luas dan dalam kini telah menjadi lahan perumahan dan areal persawahan.

Apakah nantinya Rawalo harus berganti nama jika beberapa tuhun mendatang rawa itu beber-benar hilang.  Siapa perduli ya ?

Tentang arto9001

alamat : Desa Tambaknegara kec. Rawalo Kab. Banyumas
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Asal-usul Rawalo Kini ?

  1. wahyu ptrabowo berkata:

    SAYA PEDULI, BAGI SAYA RAWA MEMILIKI NILAI SEJARAH YANG SANGAT BERARTI. NAMUN KETIDAKSADARAN WARGA SEKITAR MENJADIKAN NILAI TERSEBUT LUNTUR !!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s