Masa-Masa Sekolah

Masa Sekolah

SD TAMBAKNEGARA IV

Pada bulan Juli 1984 aku mulai masuk Sekolah Dasar (SD),Di sekolah inilah aku mulai belajar membaca, menulis, menggambar, bernyanyi, dan berhitung, dan pengetahuan dasar lainya, Soalnya dulu aku memang nggak mau masuk TK, memang ada sedikit alasan aku menolak masuk TK, selain kakak-kakak yang tidak lulus TK kata mereka juga anak-anak nya dilingkungan situ nakal-nakal aku jadi takut dech.

Oh ya di kelas 1 itu aku diajar oleh guru yang namanya Ibu Wardiati, mungkin karena aku bandel jadi yang aku rasa ia galak, maaf ya bu guru atas ke bandelanku dulu. Bu guru itulah yang pertama mengajariku menulis dan membaca.

Kelas II aku masuknya siang, kira-kira jam sembilanan, ini dikarenakan kelasnya gentian dengan anak kelas 1, yang menjadi wali kelas ku waktu itu namanya ibu Sri Utami, selama aku SD ibu guru inilah yang paling berkesan dihati orangnya baiiiik dan sabarrrr banget mungkin dialah guru faforitku dikala SD.

Kelas III aku agak lupa siapa yang menjadi wali kelasku yang aku ingget beberapa kali ganti wali kelas.

Kelas IV, wali kelasku namanya ibu Retno Kustiowati kalau ga salah, ia juga orangnya baik dan sabar. Oh ya dikelas IV ini aku baru menerti tentang agama mayoritas dikelasku itu Islam, sedang aku katanya Katolik soalnya aku dan embah sering pergi ke Greja yang ada di sebrang rumah embahku itu. Soalnya di kelas ini ada beberapa teman yang suka mengejek agama ku jadi aku mengerti bahwa memang ada perbedaan , tapi aku tidak pernah menanggapinya. Di akhir kelas IV aku kehilangan teman namanya Bambang Triono ia pindah ikut tugas orang tuanya.

Kelas V dan VI aku diajar oleh guru yang sama, namanya bapak Badri Wiyoto, rumahnya tepat disamping rumahku. Disekolah ia hobi sekali seni musik sampai-sampai pelajaran lain suka diganti dengan pelajaran menyanyi. Dua tahun ini nilai sekolahku bener-benar jeblok-blok-blok, padahal dari kelas I samapi kelas IV aku belum pernah dapat nilai merah tapi di dua tahun itu …. Sampai waktu ujian juga nilai ku tetap jeblok, Walau begitu aku tetap mengucapkan terima kasih kepada semua guru-guru SD ku tanpa anda semua mungkin aku tidak bisa menulis seperti ini. Juga Alhamdulillah enam tahun aku tidak pernah tinggal kelas sekalipun meski tanpa prestasi.

Ini beberapa nama teman seangkatan dengan ku di kelas IV dari Bonjok Wetan : Dirwan (ondel), Harsiani (situm) Kadiman, Naisem (tunut),Ponco Setiono, Purwanto (sipur), Ramisem (siram), Retno Kustiah, Saman, Sidin,Susmilah (encus), Tarwi,Tri Asmoro Santo (gutho), Wartam (bawor) dari Bonjok Kulon : Ali, Katan (Sion), Rasem (banong), Raso, Rawi, Tapan.

SMP Diponegro 8 Rawalo

Peretengahan Juli 1990 aku meneruskan studyku di SMP Diponegoro 8 Rawalo, Letak sekolahan ini kebetulan ada di sebelah sekolah SDku yang dulu jadi aku masih sekolah dilingkungan yang sama, jadi waktu SD aku jalan kaki di SMP aku juga masih jalan kaki. Oh ia walaupun namanya SMP tapi sekolah ini adalah salah satu cabang dari yayasan “Al Hidayah” di Jakarta yang notabene masih dibawah naungan Ormas Nahdahtul Ulama (NU) jadi di sekolah ini ada beberapa tambahan pelajaran Ke-Isalamanya.

Di sekolahan ini aku mempunyai pengalaman pertama masuk ke kelas sepatu harus dicopot, ya dalam bahasa jawa disebut “nyeker” ini dikarenakan peraturan sekolah memang demikain, dengan alasan kebersihan, ya ini benar – benar nyata. Memang sih bila musim hujan lantai kelas jadi tidak kotor dengan tanah, dan petugas kebersihan pun tidak kesulitan melakukan pekerjaannya.

Selain alasan kebersihan, beberapa kelas dari sekolah kami memang digunakan untuk kegiatan sholat Jum’at , soalnya waktu itu di daerah kami masjid masih jarang.

Hal lain yang menyenangkan adalah punya teman dari beberapa desa yang berbeda walau masih satu kecamatan tapi lumayan menambah pengalaman. Disekolah ini juga banyak sekali kegiatan extra kurikuler, ada Pramuka, Volly Ball, Sepak Bola juga Musik. Pengalaman yang paling berkesan adalah “Pesantren Kilat” bisa dibilang sekolah kami adalah pelopornya, waktu itu di sekolah-sekolah lain belum ada loh.

Disekolah ini nilai akademisku menunjukan peningkatan yang lumayan, meski tak sampai peringkat 5 besar. Teman-teman seangkatan denganku di kelas III waktu itu antara lain : Ali Anwar, Aminatun, Aris Hartono,Aryo Indarwanto, Fitriatun, Jamilatul, Imam Samunghoji , Imam Wahyudi, Istinganah, Kaswo, Kaswin, Kusdiati, Kusnul Khotimah, Priyadi (Teman Sebangku), Prio Jatmiko, Masino, Naisem, Nurlela AR.,Rasim, Riswan, Romiatun, Slamet, Siswanto, Siti Fatimah, Siti Khotiyah, Siti Uswatun Hasanah, Sigit, Sodqin, Sri Hidayati, Sudar, Sugeng Supriono, Sustiah, Tofik Hidayat, Tuti Alawiyah, Umi Saroh, Wardi.

Waktu Itu pengurus sekolah antara lain :

Kepala sekolah : Bp. Ishak Salbain B.A.

Wakil Kepsek : Bp. Muhtarom ( PMP)

Kepala BP. : Bp. Narso (Aswaja)

Guru-guru yang sempat mengajariku, Bp. Bambang ( Penjas), Bp. Juwahir (matematika), Bp. Dirtam ( Fisika) Bp. Mukhlisin ( B. Indonesia) Bp. Solikhun ( B. Inggris) Ibu Hanifah ( Agama Islam), dll maaf aku banyak yang lupa.

Setelah aku lulus SMP aku melanjutkan sekolah lagi di Yayasan yang sama yaitu SMEA DIPNEGORO 2 RAWALO yang kemudian berubah menjadi SMK Diponegoro 2, di massa ini aku merasakan sebuah hal baru yang sangat istimewa, yaitu Persaudaraan / Pertemanan yang sangat indah, disini temanku seangkatanku memang sedikit sekali waktu itu satu angkatanku cuma dapat satu kelas ditambah lagi muridnya cumin sedikit kira-kira 25an anak saja. Tapi justru hal inilah yang membuat persahabatan ini jadi lebih baik karena rasa yang dibagi ketiap-tiap orang jadi lebih banyak, pokoknya aku sayang mereka semua, terlebih yang sama-sama mampu bertahan hingga lulus bersama-sama.

liburan kelas 3

liburan kelas 3

dari kiri-kaswen, munawir, eni, arto, karniasri, ruqoyah, karmi, umi, istinganah, sudarti, aria, warsum

depan Shapdiati, atun, aji

jalanjalan ke Pantai Srandil, Cilacap

jalanjalan ke Pantai Srandil, Cilacap

nunggu ujian

nunggu ujian

Ini adalah sebagian wajah-wajah mereka yang masih tersisa di album kenanganku, bukan berarti yang tidak nampak aku saying hanya saja aku tidak memiliki foto mereka saja, jadi kalau ada yang punya foto-foto yang lain bisa kirim ke e-Mail ku dia arto9001@yahoo.com biar bisa di tambahkan.

Kelas 1.

Pada waktu pendaftaran aku bertemu dengan salah seorang teman sekelasku diwaktu SMP dulu, Namanya Maskur , anak rantau dari Pulau Sumatra, wah senang sekali rasanya setelah tahu kalau dia juga baru akan meneruskan sekolanya di situ juga, itung-itung ada teman yang tak perlu kenalan lagi. Pada hari yang ditentukan kamu memulai masuk kegiatan belajar tapi waktu itu aku ngga ada MOS atau kegiatan sejenisnya Cuma pengenalan sekolah, guru-guru, oh ya waktu itu tahun 1994 masih ada jaman penataran P4 ( maklum masih jaman Presiden Soeharto), dan pengenalan temen-temen seangkatan.

AKADEMI BAHASA ASING “ INDONESIA”- ABA “ INDONESIA”

Pada Bulan Setember 2001, Aku Melanjutkan Studyku di Jakarta tepatnya pada sebuah Lembaga Pendidikan yang menghasilkan Diploma Tiga (D3) jika lulus, yaitu Akademi Bahasa Asing “ Indonesia “ atau lebih dikenal dengan ABA “ Indonesia” yang beralamat di Jalan Cikini Raya No. 64 Jakarta Pusat, Program study Bahasa Inggris.

Karena jika pagi aku kerja, maka aku mengambil jadwal malam hari, belajar-mengajar biasanya dimulai pukul 18.00 s/d jam 20.00 wib, kecuali ujian harus pagi hari biasanya aku ijin dari kerjaan tapi biasanya aku balik lagi ke kerjaan usai ujian biar kerjaan ngga terlantar.

Mulanya aku diajak saudaraku, tepatnya sepupuku yang namanya Darno, yang tergila-gila dengan bahasa Inggris. Tadinya aku juga tertarik tapi lama kelamaan aku sadari aku kurang bersemangat, sempat ingin “Drop Out” tapi kayanya tanggung,

Tahun pertama kuliah, mata ini sudah tak sanggup lagi membaca dari jarak yang agak jauh, di tahun itu pula aku mulai mengenakan kaca mata, waktu pertama periksa mataku sudah minus 1,5 dan terus bertambah seiring berjalanya waktu.

Oh ya saat itu aku tinggal di “mess” didaerah Cempaka Putih, jauh dari orang tua rasanya kurang nyaman, apa-apa mesti sendiri, makan, tidur, bayar kuliah juga sendiri apalagi kalau lagi sakit emmh… sedih rasanya… Biasnya kalau aku sakit memang tak memberitahu keluargaku di jawa sana soalnya takut menambah beban pikiran mereka.

Agustus 2004 bertempat di JCC, aku diwisuda dan pada bulan November tahun yang sama kuterima sertifikat kelulusanku dengan nilai pas-pasan.

Aku mulai Kuliah

Aku mulai Kuliah

Sedikit sekali kenangan indah yang kutinggal kan dikampus itu… tiga tahun itu adalah tahun yang penuh kegelapan dalam spiritualku.

wisuda ABA di JCC Jakarta

wisuda ABA di JCC Jakarta

Tina, Pondok Pinang

Tina, Pondok Pinang

Elis, Depok

Elis, Depok

Maulana, Pasar Baru

Maulana, Pasar Baru

Tosim, Tegal

Tosim, Tegal

Arto+Darno

Arto+Darno

Tentang arto9001

alamat : Desa Tambaknegara kec. Rawalo Kab. Banyumas
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Masa-Masa Sekolah

  1. Kusnanto berkata:

    Arto…..
    nek ndeleng rai raine aku kayane kenal karo koe….?
    aku ya sempet sekolah nang SMP Diponegoro Tambak Negara,rawalo.
    jenengku kusnanto.bien aku jaman sekolah nang kene kur sewulan terus metu…..pindah neng SMP muhammadiah rawalo….

    yah…kue jaman semana pancen jaman paceklike wong tua ku….kie jeneng aku esih kemutan kabeh…Hartono,Aryo Indarwanto, Fitriatun, Jamilatul, Imam Samunghoji , Imam Wahyudi, Istinganah, Kaswo, Kaswin, Kusdiati, Kusnul Khotimah, Priyadi (Teman Sebangku), Prio Jatmiko, Masino, Naisem, Nurlela AR.,Rasim, Riswan, Romiatun, Slamet, Siswanto, Siti Fatimah, Siti Khotiyah, Siti Uswatun Hasanah, Sigit, Sodqin, Sri Hidayati, Sudar, Sugeng Supriono, Sustiah, Tofik Hidayat, Tuti Alawiyah, Umi Saroh, Wardi.

    kesuwun ya ak dadi kelingan .siki aku nang Lampung nyambet gawene…
    pegaweanku ngelola stasiun radio : Andalas 102,7 FM lan Erbeka 104,3 FM.

    • arto9001 berkata:

      ya aku kemutan (wektu Kue) umahmu nang tunggak puta khan… kulit ireng manis, rambut jabrik (he…he…he…) duwurmu amper pada karo aku. oh iya wektu kue walaupun mung kenel sedela, aku kambi batir-batir sebenere merasa kehilangan banget loh (beneran). Maturnuwun banget kabar-kabare, mudah mudahan semakin sukses. aja kelalen mbangun desa kelahiran. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s